Senin, 20 Desember 2010

Cara Menghitung Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Excel 2007

Pernahkah anda menghitung laju pertumbuhan penduduk di suatu wilayah. Pada umumnya laju pertumbuhan penduduk di suatu wilayah mempunyai pertumbuhan yang positif. Jika di suatu wilayah mempunyai pertumbuhan penduduk yang negatif berarti di wilayah tersebut mengalami penurunan jumlah penduduk. Pertumbuhan penduduk dipengaruhi oleh empat faktor penting yaitu kelahiran, kematian, migrasi masuk dan migrasi keluar. Lalu bagaimana cara menghitung laju pertumbuhan penduduk menggunakan Excel 2007.
Secara fungsi khusus yang ada di Excel 2007 untuk menghitung laju pertumbuhan penduduk, sebenarnya tidak ada. Tetapi dengan menggunakan Excel 2007 kita bisa menghitung secara cepat beberapa laju pertumbuhan penduduk di berbagai daerah dengan memasukkan terlebih dahulu rumus dari laju pertumbuhan penduduk. biggrin
Adapun rumus laju pertumbuhan penduduk, yaitu
r = {(Pt /P0)(1/t) -1} x 100
dimana:
r = laju pertumbuhan penduduk
Pt = Jumlah penduduk pada tahun ke –t
P0 = Jumlah penduduk pada tahun dasar
t = selisih tahun Pt dengan P0
Agar anda lebih jelas mengetahuinya perhatikan tabel dibawah ini
Pada Sel D2 anda harus memasukkan rumusnya seperti diatas, yaitu anda ketikkan =(((C2/B2)^(1/10))-1)*100
Maka akan diperoleh laju pertumbuhan penduduk di wilayah 1 adalah 1, 35 persen. Lalu untuk yang lain anda tinggal copy paste aja bukan ....mrgreenmrgreen. Maka nantinya hasil yang anda peroleh seperti tabel dibawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar